TAROMBONI RAJA SITANGGANG

Taromboni Raja Sitanggang ini disari dari hasil kesimpulan Seminar Raja Sitanggang April 2007 di Medan Sumatera Utara yang merupakan bahan yang masih memerlukan penyempurnaan.

Sisilah merupakan hal terpenting bagi setiap orang . Oleh karena dari sislsilah itulah diketahui bersangkutan keturunan dan masuk klanmana. Selain dari itu juga memahami krakter yang walapun tidak secara menyeluruh tetapi setidaknya diketahui latar belakang seseorang  adalah silsilahnya. Karenanya sisilsilah Raja Sitanggang ditulis disini berdasarkan hasil seminar yang diadakan  April 2007 di Medan Sumatera Utara sebagai berikut :
Raja Sorimangaraja merupakan Nenek Buyut yang beranak 3 yaitu, Raja Asi Asi, Raja Isumbaon dan Guru Tatea Bulan. Anak kedua Raja Isumbaon mempunyai anak 3 orang yaitu, Tuan Sorbadijulu, Tuan Sorbadijae dan , Datu Sindar Mataniari/Suliraja atau disebut Raja Naiambaton. Raja Naiambaton inilah nenek moyangnya raja Naiambaton yang disebut juga PARNA.
Datu Sindar Mataniari/Suliraja atau disebut Raja Naiambaton, Isteri pertamanya bernama, Siboru Biding Laut mempunyai keturunan  3 Orang anak, yaitu, Siboru Pinta Haomasan kembar dengan Guru Sodungdangon, dan ketiga Raja Sitempang disebut juga Raja Natanggang.
Raja Sitempang yang disebut juga Raja Natanggang menikah dengan Siboru Porti Bonanitano yang melahirkan Raja Natanggang/Raja Sitanggang yang selanjutnya menjadi Raja Panguruan. Selanjutnya Raja Sitanggang mempunyai 3 Orang anak yaitu, Raja Panungkunan, Raja Pangadatan dan Raja Pangulu oloan. Raja Panungkunan merupakan anak pertama mempunyai  2 orang anak yaitu Raja Sitempang 1 dan Raja Tinita. Selanjutnya Raja Sitempang yang mengambil nama Neneknya itu mengangkat Anak Sitanggang Gusar yang datang dari marga Sijabat. Jini dikenal menggunakan Sitanggang Bau dan Sitanggang Gusar. Anak Kedua dari Raja Sitanggang ,  Raja Pangadatan mempunyai 3 orang anak yaitu, Sitanggang Lipan, Sitanggang Upar dan Sitanggang Silo. Sedangkan Raja Pangulu oloan menggunakan marga Sigalingging dan sebagian ke Dairi diantaranya menggunakan marga Banuarea, Bancin cs.
Dari Sitanggang Silo yang merupakan anak ketiga dari Raja Pangadatan, mempunyai dua anak yaitu salaksak Bosi dan Sitabi Dalan . Sitanggang silo tetap menggunakan Sitanggang tetapi anknya  yaitu Simanihuruk dan Sidauruk sudah menggunakan namany menjadi marga yang sampai saat ini.
Dari silsilah diatas sesungguhnya, Sitanggang Bau dan Sitanggang Gusar merupakan satu kesatuan demikian juga Sitanggang Lipan, Sitanggang Upar dan Sitanggang Silo. Karenanya jika dalam urutan pengundang jika Sitanggang Bau maka setelah Sitanggang Baru, masuk Gusar selanjutnya barulah Sitanggang Lipan, Upar dan Silo. Demikianlah sebaliknya jika Sitanggang Lipan yang punya acara maka, terlebih dahululah Sitanggang Upar dan Sitanggang Lipan baru masuk Sitanggang Bau dan seterusnya.
Oleh karena Punguan Raja Sitanggang menggunakan Raja Sitanggang bukan hanya Sitanggang saja maka seyogyanya, dalam pesta tertentu atau Bonataon maka harus mengundang Adik dan Anaknya yaitu, Raja Sigalingging , Simanihuruk dan Sidauruk. Dengan demikian maka Turunan Raja Sitanggang ata disebut Raja Natanggang itu dapat berkumpul.
RAJA  SITEMPANG
Tahun 2008 sejak seminar sehari di Medan, Perkumpulan Raja Sitempang yang disingkat PAPORATA (Parsadaan pomparanni Raja Sitanggang) telah terbentuk pusat di Medan, termasuk di beberapa Daerah termasuk Jakarta Raya. Pengurus dan anggotanya, yaitu, Raja Sitanggang, Raja Siogalingging , Simanihuruk dan Sidauruk. Entah karena apa, tidak alam perkumpulan ini bubar dengan sendirinya karena tidak lagi mendapat undangan manakala Sitanggang mempunyai acara, Sigalingging,Manihuruk dan Sidauruk tidak lagi diundang demikian sebaliknya.
Dari berbagai pendapat yang dihimpun penulis berharap agar perkumpulan Parsadaan ini dihidupkan kembali. Selain untuk menjalin keakraban satu rumpun juga penting bagi generasi muda untuk mengetahui silsilah yang sesungguhnya. Semoga terwujud.!!!

,

comment 0 komentar:

Posting Komentar

 
© BSA-LAW OFFICE | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger